AdvertorialDaerahTanah Bumbu

Kunjungan Perpustakaan Keliling Meningkatkan Minat Baca Anak

BATULICIN – Kunjungan perpustakaan keliling meningkatkan minat baca anak. Dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi dan kecintaan anak-anak terhadap buku, Layanan Mobil Perpustakaan Keliling Kabupaten Tanah Bumbu rutin mengunjungi Sekolah Dasar di berbagai wilayah, Selasa (25/7/2023).

SDN Binawara dan SDN Pacakan Kecamatan Kusan Hulu yang menyambut kunjungan istimewa dari perpustakaan keliling ini. Kegiatan ini berhasil menyentuh hati 164 murid dan guru pendamping.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Bumbu, Yulia Ramadhani, bersama Kepala Bidang PLPBP, Alden Ibrahim, dengan antusias menyambut kedatangan anak-anak di sekolah-sekolah tersebut. Mereka memperkenalkan beragam buku dan bahan bacaan menarik, dengan harapan dapat meningkatkan minat baca dan cinta buku di kalangan anak-anak.

Dalam kesempatan tersebut, Alden Ibrahim menyampaikan pentingnya kunjungan Layanan Perpustakaan Keliling ini. Ia menjelaskan bahwaProgram ini efektif mendekatkan bahan bacaan pada anak-anak yang sulit datang ke perpustakaan.

“Perpustakaan keliling adalah bagian dari pelayanan perpustakaan umum daerah yang mendatangi/mengunjungi pembacanya dengan menggunakan mobil,” ujar Alden.

Sementara itu Yulia Ramadhani menambahkan, bahwa perpustakaan keliling adalah perpustakaan yang bergerak mengunjungi masyarakat dengan membawa bahan perpustakaan.

Hal ini sebagai upaya guna melayani masyarakat, dari satu tempat ke tempat lain yang belum terjangkau oleh perpustakaan umum.

Sehingga dengan kunjungan tersebut, semakin banyak anak-anak kita yang dapat menikmati manfaat dari layanan perpustakaan keliling. Meskipun mereka berada di daerah terpencil.

Kunjungan layanan perpustakaan keliling ini menjadi titik fokus pelayanan, dengan mencapai 40 titik setiap bulannya pada 12 Kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam kunjungan ke SDN Binawara dan SDN Pacakan, tim perpustakaan keliling juga melakukan berbagai kegiatan menarik lainnya, seperti baca cerita, diskusi buku, dan permainan literasi.

Hal tersebut semakin membuat anak-anak sangat menikmati kegembiraan dalam membaca. Karena selain membaca, anak-anak juga terlibat secara langsung dalam kegiatan ini.

Artinya buat anak-anak perpustakaan keliling ini tidak hanya belajar atau bersifat edukatif, akan tetapi juga menyenangkan karena mereka dapat sambil bermain.

“Kami sangat berterima kasih atas kunjungan perpustakaan keliling ini. Anak-anak kami sangat senang dan antusias untuk membaca buku-buku baru yang disediakan,” ucap salah seorang guru di SDN Binawara.

Semangat anak-anak dalam mengeksplorasi dunia literasi menunjukkan dampak positif dari program ini. Harapan besar terletak pada terbukanya wawasan dan pengetahuan baru bagi mereka melalui buku-buku yang kaya akan ilmu dan cerita inspiratif.

Perpustakaan keliling Kabupaten Tanah Bumbu dekatkan buku untuk semua kalangan, inspirasi dan pengetahuan bagi generasi muda. Semoga, program ini dapat terus berjalan dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi anak-anak di wilayah ini

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button