AdvertorialDaerahTanah Bumbu

Badan Kesbangpol Tanbu, Gelar Meeting and Matching Penilaian Lomba Desa Patriot Tahun 2023.

BATULICIN – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tanah Bumbu (Kesbangpol Kab Tanbu), menggelar meeting (pertemuan) and matching (men cocokkan) persepsi penilaian Lomba Desa Patriot.

Pertemuan berlangsung di Ruang Rapat Bersujud II, Kantor Bupati Tanbu Jln. Dharma Praja Kelurahan Gunung Tinggi, Jumat (11/08/2023) siang.

Turut berhadir dalam meeting, Bupati Tanah Bumbu, H. M Zairullah Azhar, melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Eka Saprudin, Kodim 1022 Tnb. Polres Tanbu, TP PKK, DWP, DLH, PMD, Kesbangpol, Kominfo, Satpol PP dan Damkar Kab Tanbu.

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol Kab Tanbu, Nahrul Fajeri, pertemuan ini penting sebagai penyamaan persepsi untuk penilaian Lomba Desa Patriot Tahun 2023.

“Kita perlu berkumpul di sini, untuk menyamakan persepsi tentang indikator penilaian Kampung Patriot di Tahun 2023. Dalam momen Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78,” ungkapnya.

Nahrul menyebutkan, Kampung Patriot bertujuan untuk menumbuh kembangkan nilai-nilai kebangsaan pada masyarakat dan berpedoman pada peraturan hukum yang berlaku.

Adapun indikator telah disusun oleh Badan Kesbangpol Kab Tanbu, mengenai kesiapan tersebut.

Salah satunya pembahasan mengenai persiapan pengibaran Bendera Merah Putih, atribut Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, kebersihan lingkungan, partisipasi masyarakat terhadap pembangunan Satu Desa Satu Masjid, serta keamanan dan ketertiban di kampung.

Kolaborasi ini, melibatkan beberapa pihak instansi yang menjadi tiang penting berlangsungnya Kampung Patriot sesuai tugasnya. Setiap kecamatan mengusulkan satu desanya dan telah terdata di Badan Kesbangpol sejumlah 12 desa terlibat.

Selain itu, Nahrul secara terbuka memberikan kesempatan terhadap peserta pertemuan dari berbagai instansi, untuk menyampaikan pendapat atau usulannya, dalam menyamakan persepsi untuk penilaian Lomba Desa Patriot.

Untuk itu menjadi hal yang baru bagi Badan Kesbangpol Tanbu, sehingga kabupaten/kota lain ikut tertarik menyaksikan. Dengan adanya Penilaian Lomba Desa Patriot menjadi motivasi pergerakan yang menarik minat, antara lain Kabupaten Tapin, Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tabalong, sebagai acuan program Provinsi Kalsel di tahun ke depan.

Bupati Tanah Bumbu, H. M Zairullah Azhar, melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Eka Saprudin, turut menghadiri pertemuan menyampaikan, apresiasinya terhadap Kebangpol atas adanya pertemuan ini.

“Pentingnya bersama kita, meningkatkan serta membangkitkan kembali rasa nasionalisme, kepada seluruh jajaran baik pemerintahan maupun masyarakat dan menjaganya agar tidak pudar,” katanya.

Membahas terkait semangat menyemarakkan hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78. Meski perlu adanya intervensi dari pemerintah sebagai pacuan namun motivasi, partisipasi masyarakat, gelora dan semangat kemerdekaan harus tetap tertanam kuat.

“Untuk menyemarakkan Proklamasi Kemerdekaaan harus terus dibangkitkan, kalau bukan dari kita diri sendiri, siapa lagi,” pesannya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button