AdvertorialDaerah

Launching Sekolah Lansia Tanbu Langkah Nyata Menuju Lansia Sehat dan Mandiri

BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar, melalui Asisten Bidang Administrasi Umum Hj. Narni, dengan penuh rasa syukur menyambut baik rencana launching Sekolah Lansia di Kabupaten Tanah Bumbu pada Senin (12/8/2024). Acara tersebut bertempat Jl. Pasar Lama RT 06, Kelurahan Batulicin.

“Atas nama Pemerintah Daerah, kami menyambut baik dan penuh rasa syukur atas akan dilaunchingnya Sekolah Lansia di Kabupaten Tanah Bumbu,” ujarnya

Peningkatan jumlah penduduk lanjut usia (lansia) di Indonesia, seiring dengan kemajuan di bidang kesehatan, menjadikan Sekolah Lansia ini sangat relevan.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998, lansia di definisikan sebagai seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas.


Dengan meningkatnya angka harapan hidup dan menurunnya angka kematian, pertumbuhan jumlah penduduk lansia di anggap sebagai potensi besar untuk pembangunan.

Lembaga tersebut di bentuk dengan visi untuk mewujudkan lansia yang “Smart” (Sehat, Mandiri, Aktif, dan Produktif) serta bermartabat.

Hal tersebut di rancang untuk membantu lansia mengembangkan tujuh dimensi penting: spiritual, fisik, intelektual, emosional, sosial kemasyarakatan, profesional, dan lingkungan.

“Sekolah Lansia ini sangat penting untuk membentuk lansia tangguh dan mandiri, serta kita bersama-sama membangun masa depan yang lebih cerah bagi daerah,” tambahnya.

Salah satu masalah utama yang di hadapi lansia adalah kesehatan. Menurut WHO, lansia di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah sering mengalami penyakit seperti jantung, stroke, gangguan penglihatan, dan pendengaran.

Oleh karena itu, upaya untuk menjaga kemandirian, kesehatan, dan produktivitas lansia sangat penting. Kesehatan yang buruk pada lansia tidak hanya berdampak pada individu tetapi juga pada keluarga dan masyarakat secara luas.

Sehingga Launching Sekolah Lansia ini menjadi salah satu langkah nyata Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dalam mendukung penuh terwujudnya Tanah Bumbu Bersujud Menuju Serambi Madinah.

Dengan adanya sekolah ini, di harapkan lansia di Tanah Bumbu dapat terus berperan aktif dan produktif dalam kehidupan keluarga dan masyarakat, sehingga masa depan daerah yang lebih cerah dapat tercapai

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button