Advertorial KhususDaerah

Putra Putri terbaik Paskibra Kabupaten Tanah Bumbu Berhasil Kibarkan Sang Merah Putih Upacara HUT RI ke-79

TANAHBUMBU – Upacara penringatan HUT RI ke-79  yang digelar oleh pemerintah Tanah Bumbu berjalan dengan hikmat dan lancar tanpa ada kendala satu apapun.

Kegiatan digelar di halaman Kantor Bupati Kelurahan Gunung Tinggi, Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Sabtu (17/8/2024) lalu.

Suasana penuh semangat dan kebanggaan tampak jelas di wajah para peserta upacara yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota TNI-Polri, Satpol PP, serta berbagai elemen masyarakat lainnya.

Kehadiran Bupati dan Wakil Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda), anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), hingga perwakilan instansi vertikal semakin menegaskan pentingnya peringatan ini.

Bertindak selaku Inspektur Upacara pada kesempatan itu Bupati Tanah Bumbu, dr. HM. Zairullah Azhar sedangkan yang bertugas pembacaan teks Proklamasi oleh Wakil Ketua DPRD Tanbu, Ismail Kholil Alaydrus.

Prosesi dimulai dengan pengheningan cipta mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan bangsa. Detik-detik proklamasi yang penuh haru diikuti dengan hikmat oleh seluruh peserta, menciptakan suasana yang begitu sakral di Bumi Bersujud.

Puncak dari upacara ini adalah pengibaran bendera merah putih yang dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Pasukan ini terdiri dari putra-putri terbaik Kabupaten Tanah Bumbu, yang dipilih secara ketat dari 12 kecamatan yang ada di kabupaten ini.

Mereka adalah perwakilan dari Kecamatan Simpang Empat, Batulicin, Karang Bintang, Mentewe, Kuranji, Kusan Hilir, Kusan Hulu, Sungai Loban, Angsana, Satui, Kusan Tengah, dan Teluk Kepayang.

Dengan gerakan yang serempak dan penuh disiplin, Paskibraka berhasil mengibarkan Sang Merah Putih dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Momen ini menjadi simbol kebanggaan dan penghormatan terhadap para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia

Terlihat dalam Upacara Kemerdekaan itu, seluruh anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tanah Bumbu tetap mengenakan hijab.

Hal tersebut mempertegas bahwa tidak ada larangan resmi dan permanen terkait penggunaan hijab untuk paskibraka khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu.

Berdasarkan pantauan dilapangan, formasi inti pengibar bendera pusaka dibagi dalam dua, untuk yang pertama upacara penaikan bendera pusaka di pagi hari dan untuk yang kedua penurunan bendera pusaka di sore hari.

Upacara kemudian dilanjutkan dengan penampilan para siswa-siswi paduan suara utusan dari SMKN 2 Simpang Empat dengan penampilan menyanyikan sejumlah lagu Kemerdekaan Republik Indonesia.

Usai pengibaran bendera, Bupati Zairullah Azhar sewaktu wawancara bersama awak media, bupati menyampaikan bahwa  menjelaskan dari tema HUT RI ke- 79 ini yaitu Nusantara baru Indonesia maju, ini adalah dimana akan ada Ibukota Negara baru, dan akan ada pemerataan pembangunan di Indonesia.

Menurutnya semua daerah akan maju, terkhusus di wilayah yang berdekatan dengan ibukota negara baru ini, wabil khusus Kabupaten Tanah Bumbu yang notabene jaraknya tidak terlalu jauh.

“Kita tidak bisa membayangkan, akan ada jalan tol yang menghubungkan  Banjarmasin Batulicin dan IKN. Dan juga kabar-kabarnya akan di bangun kereta  cepat, sehingga kita dari sini Tanah Bumbu ke IKN cuman satu jam,” ujarnya.

Nah nanti lanjut Bupati, semua akan menyaksikan dampak dari pembangunan ini, baik sosial, ekonomi dan sebagainya. “Jadi itulah yang kita maknai, Nusantara Baru dan Indonesia Maju,” ucapnya.

Bupati Zairullah Azhar menyampaikan amanatnya, mengingatkan seluruh warga Tanah Bumbu akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan di tengah kemajuan pembangunan daerah. 

“Peringatan HUT RI ini bukan sekadar seremonial, tetapi juga pengingat bagi kita semua untuk terus mengisi kemerdekaan dengan kerja keras dan inovasi demi kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat,” katanya

Usai upacara HUT RI ke-79, seluruh Forkopimda dan berbagai instansi elemen terkait dari lintas Instansi lakukan Ziarah di makam pahlawan Mattone kecamatan Kusan Hilir.

Ziarah ke makam pahlawan tersebut merupakan bagian rangkaian momentum memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79 tahun yang dipimpin langsung Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar didampingi Sekda, H Ambo Sakka.

Ziarah tersebut juga dihadiri oleh seluruh pimpinan Forkopimda Kabupaten Tanah Bumbu. Serta berbagai elemen terkait dari lintas instansi yang ada di daerah tersebut.

Dalam kesempatan itu, Sekda Tanah Bumbu, H Ambo Sakka menjelaskan bahwa Ziarah tersebut adalah upaya untuk terus mengenang jasa para pahlawan kita terdahulu yang berjuang demi kemerdekaan.

“ziarah ke makam pahlawan ini menjadi momentum untuk Mengenang jasa pahlawan yang telah berkorban jiwa dan raganya” ungkapnya.

Ambo Sakka menjelaskan peran pahlawan bangsa yang telah gugur demi menjaga keutuhan bangsa dan negara. Semangat perjuangan tersebut menurut Ambo Sakka yang seharusnya menjadi semangat bagi generasi muda untuk terus berkarya dan menunjukkan sikap-sikap positif.

Kegiatan tersebut berlangsung hikmat dengan sesi tabur bunga dan rangkaian upacara yang di gelar di makam pahlawan Mattone kecamatan Kusan Hilir tersebut.

Diketahui, Upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI tahun 2024 ini mengusung tema besar dengan slogan “Nusantara Baru, Indonesia Maju”.

Tema ini diambil karena tahun 2024 menjadi sebuah momen pembuka bagi beberapa transisi besar di Indonesia.

Selain itu, peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI tahun ini merupakan sebuah batu loncatan besar bagi Indonesia, karena mengalami tiga transisi penting, yaitu menyongsong Ibu Kota baru, pergantian pemimpin, serta Indonesia Emas 2045.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button