Adv Tanah Bumbu

Dinas Dukcapil Tanbu Era Digitalisasi Penting Adopsi Tekhnologi

BATULICIN – Era digitalisasi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanah Bumbu, tekankan pentingnya adopsi teknologi.

Dalam konteks ini, Dinas dukcapil Tanah Bumbu telah berkembang dengan melahirkan berbagai inovasi layanan online atau going digital.

Kepala Dinas Dukcapil Tanah Bumbu, Gento Hariyadi mengatakan, saat ini pelayanan Dukcapil, jauh berbeda dengan puluhan tahun lalu.

“Tuntutan perkembangan zaman ini, harus kita ikuti. Perangkat Desa juga harus belajar teknologi, hampir semua pelayanan data terproses dalam sistem digital. Namun kita tetep melayani bagi yang ingin melakukan pendataan diri secara manual,” terangnya, pada Rabu (04/09/2024) di Kantor Desa Hidayah Makmur Kecamatan Simpang Empat.

Dewasa ini, semua orang menjadi konsumen sosial digital dalam kesehariannya, Dukcapil melakukan pelayanan secara mudah dan flaksibel.

Di era yang serba digital ini, dengan tujuan memudahkan kebutuhan masayarakat, Pemerintah mendorong reformasi kependudukan.

Sedangkan di antaranya, manfaat dari adopsi Identitas Kependudukan Digital (IKD) yakni mengurangi birokrasi, menghindari kehilangan atau kerusakan kartu identitas fisik, serta meningkatkan keamanan dan keandalan data penduduk.

Identitas kependudukan digital mempunyai nilai yang sangat penting, transparansi dalam administrasi pemerintahan akan meningkat, meminimalisir potensi praktik korupsi dan kecurangan.

Dengan adopsi Identitas Kependudukan Digital, kehidupan masyarakat akan semakin terhubung dan terdigitalisasi

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button