Advertorial KhususDaerahTanah Bumbu

Cemerlang, Ide Bupati Tanah Bumbu Bangun Pendopo

Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) saat ini melakukan pembangun pendopo.

Bangunan pendopo terletak di areal kantor Bupati Tanah Bumbu di Jalan Dharma Praja Kelurahan Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin.

Kepala Dinas PUPR setempat, Hernadi Wibisono mengatakan pembangunan pendopo ini merupakan ide dari Bupati Tanah Bumbu, dr HM Zairullah Azhar.

Menurut Hernadi, Bupati Tanah Bumbu ingin pemerintah daerah memiliki bangunan yang luas dengan kapasitas besar dan mampu menampung ribuan orang.

“Kita perkirakan pendopo ini bisa menampung lebih dari lima ribu orang,” terang dia di ruang kerjanya kantor Dinas PUPR Pemkab Tanah Bumbu, Jumat (22/9/2023).

Hernadi memastikan, dengan kapasitas bangunan pendopo menampung ribuan orang, saat ada kegiatan besar Pemkab Tanah Bumbu tidak perlu lagi menyewa tenda yang menguras biaya besar.

“Tentu dengan adanya bangunan pendopo ini akan jauh lebih efektif dan efisien terhadap anggaran saat menggelar acara,” yakin dia.

Lebih lagi, bangunan pendopo dibuat dengan gaya semi indoor atau bangunan beratap namun tanpa dinding.

“Tidak perlu ada mesin pendingin (AC) saat ada kegiatan, jadi lebih hemat anggaran,” ucap dia.

Hernadi menyebutkan, hampir setiap bulan ada kegiatan pemerintah daerah yang harus dilaksanakan di kantor Bupati Tanah Bumbu.

Namun, karena tidak memiliki bangunan yang mampu menampung orang dengan jumlah besar, terpaksa digelar di halaman kantor Bupati Tanah Bumbu.

“Nantinya, setiap kegiatan acara Pemkab Tanah Bumbu akan difokuskan di bangunan pendopo, sedangkan halaman kantor yang luas khusus tempat parkir kendaraan.

Pembangunan Segera Rampung

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR setempat, Amruddin memastikan Pembangunan Pendopo Kantor Bupati Tanah Bumbu saat ini progress penyelesaiannya sudah mencapai 95 persen rampung.

“Kita harapkan akhir bulan September 2023 ini rampung 100 persen,” hatap dia.

Dibeberkan Amruddin, Pembangunan Pendopo Kantor Bupati Tanah Bumbu ini menguras anggaran daerah dengan nilai kontrak Rp 6,5 Miliyar dengan pelaksana pekerjaan CV Sipakatuo.

Amruddin menambahkan, bangunan Pendopo Kantor Bupati Tanah Bumbu dibangun dengan model bangunan palimasan bergaya moder.

“Konstruksi rangka baja berat jadi sangat kokoh,” sebut dia.

Kemudian, luas bangunan dengan lebar 36 meter dan panjang 73 meter serta tinggi bangunan 9 meter.

“Lantai berbahan granit untuk memberi kesan mewah,” lanjut dia.

Selain itu, Pendopo Kantor Bupati Tanah Bumbu terpasang plafon PVC berwarna putih dengan dihiasi lampu minimalis dan kipas angin gantung.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button