AdvertorialDaerah

Pemda Tanbu Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi Daerah 2024

Batulicin- Bagian Ekonomi Sekretariat Kabupaten Tanah Bumbu mengikuti zoom mereting Pengendalian Inflasi Tahun 2024. Di rangkaikan dengan Penanggulangan Tuberkulosis TBC melalui zoom meeting di Kantor Bupati tanah bumbu (8/7/2024).

Percepatan penanggulangan tuberkulosis dan peningkatan perluasan cakupan untuk virus vaksin folio. Merupakan tindak lanjut arahan dari Presiden dalam rapat terbatas kabinet.

Mekanisme pelaksanaan kegiatan secara berkala dua mingguan di adakan rapat koordinasi teknis, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan. Serta Kemenko Polhukam bersama para pimpinan perangkat daerah terkait untuk membahas secara teknis.


Adapun langkah-langkah/indikator yang akan digunakan untuk khususnya pada rapat koordinasi penanggulan TBC.

Kementerian Dalam Negeri Tomsi Tohir mengungkapkan ”Ada lima indikator yang di gunakan untuk memantau langkah-langkah percepatan eliminasi TBC di daerah.Yang pertama adalah penemuan kasus di lakukan terhadap total estimasi kasus sesuai dengan standar WHO. Sebesar 1 juta 60 ribu kasus. Pada tahun 2023 baru tercapai sebesar 77% dan di harapkan mendorong mencapai 90%”. ungkapnya

Beberapa langkah yang di lakukan terkait dengan ini yang pertama adalah pada kelompok rentan secara masif. Mendorong diagnosis dan program standar pelayanan minimal pada masing-masing faskes dan upaya semua stakeholder yang terkait.

Sesudah penemuan kasus di ikuti dengan inisiasi pengobatan di lakukan baik untuk yang resisten obat (TBRO) sensitif obat (TBSO).

Pada tahun 2023 capaian kita untuk TBRO sebesar 71% dan TBSO 85% dan target kita 100% sampai akhir tahun .

Berikutnya investigasi kontak yaitu investigasi kontak erat untuk per 1 pasien yang TBC minimal pads 8 kontak dengan pencapaian target sampai 90%.

Indikator yang lain yang berkaitan dengan kebijakan dan penerapan kesehatan tersebut akan di koordinasikan oleh Kementerian Dalam Negeri. Untuk dukungan kebijakan daerah sesuai dengan PerPres No. 67 tahun 2021 tentang Percepatan Penanggulan Tuberkulosis (TBC).

Pemerintah daerah di minta untuk menyusun rencana aksi daerah dan pelaksananya atau tim percepatan penanggulangan tuberkulosis (TBC), target keseluruhan 38 Provinsi dan 514 Kabupaten kota.

Penerapatan SPM Kesehatan tersebut akan di dorong 100% pemberian jenis layanan kesehatan bagi orang yang terduga tuberkulosis (TBC), ujarnya saat mengakhiri sambutan

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button