DaerahTanah Bumbu

KUA Mantewe Gelar Penasehatan Bagi Calon Pengantin

RADARBANUA.CO.ID, TANAHBUMBU – Sebanyak 15 pasang calon pengantin (Catin) di Kecamatan Mantewe mengikuti penasehatan melalui Badan Penasehat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) sebagai bekal mereka dalam membangun rumah tangga dan cegah angka perceraian.

Kegiatan tersebut digelar di Aula balai Nikah Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Mantewe. Senin (09/01/2023)

Kepala KUA sekaligus Ketua BP4, H. Darman menyampaikan dalam kegiatan itu, bahwa ke lima belas pasangan Catin yang mengikuti penasehatan ini akan menggelar pernikahan pada bulan Januari tahun ini.

Sebagai pelaksanan peran KUA, penghulu dan penyuluh Agama Islam serta Puskesmas berkolaborasi dalam memberikan nasehat-nasehat perkawinan dan nasehat kesehatan guna untuk lebih maksimal dalam mencegah angka perceraian dan kesehatan Catin Pasca menikah.

“Harapan kita tentunya pihak KUA dan BP4 lebih berperan aktif dan maksimal dalam menekan angka perceraian. Itu bisa dilakukan sebelum dilaksanakan perkawinan harusnya ada pembinaan dan penyuluhan kepada calon pengantin dan pembinaan yang berkesinambungan juga perlu dilakukan kepada pasangan yang telah menikah baik melalui ceramahAgama atau mediasi” ujar Kepala KUA H.Darman

Sebelumnya, limabelas pasangan tersebut telah terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan pemeriksaan berkas, sebagai persyaratan untuk melaksanakan pernikahan sesuai dengan Undang-undang yang berlaku di negara Republik Indonesia (RI).

Selanjutnya BP4 ini sebagai salah satu persyaratan menikah, kegiatan ini disambut antusias oleh para calon pengantin, terbukti dengan kehadiran mereka. Ruang KUA yang tidak terlalu luas menjadi semarak dan penuh sesak,

Disampaikannya bahwa kegiatan pelaksanaan penasehatan calon pengantin ini juga dihadiri tiga Instansi sekaligus, yakni KUA, Pemerintah Kecamatan Mantewe, Serta Puskesmas yang diwakili dr .Yuliandi dan bidan Eka serta dari PPLKB Mantewe, Ejho Sitorus.

Ketiga narasumber menyampaikan sesuai Tupoksi masing -masing , Alhamdulillah kegiatan terselenggara tampa di pungut biaya sepersen pun ,

Kegiatan ini juga banyak manfaatnya, diantaranya yaitu calon pengantin jadi tahu bagaimana mengarungi bahtera rumah tangga yang Sakinnah Maddah Warrahmah ,(Samawa) mengedukasi Catin sebelum melaksanakan perkawinan, dengan harapan semoga mereka nantinya memahami bagaimana mengarungi bahtera rumah tanggganya.

Selanjutnya, H. Darman Kecamatan Mantewe mengucapkan Terima kasih kepada pihak Puskesmas dan kordinator KB yang mendukung terselenggaranya sesuai dengan rencana, harapan dari masyarakat semoga kegiatan ini dapat berlanjut dan berkesinambungan (Jd Team)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button