AdvertorialDaerah

ODGJ Berkeliaran Viral, Dinsos Tanbu Sudah Pernah Tangani dan Tempatkan di Rumah Singgah

BATULICIN – Seorang pria ODGJ sempat membuat heboh warga Kecamatan Simpang Empat Tanah Bumbu, lantaran masuk toko tanpa menggunakan pakaian hingga viral di media sosial.

Hal ini langsung ditanggapi Kepala Dinas Sosial Kabupaten setempat, Liana Hamita, terkait persoalan itu dan ODGJ yang berkeliaran sudah pernah ditangani.

Liana menjelaskan, hasil assesment pada tanggal 13 februari 2023 tentang respon kasus terhadap laporan babinkamtibmas Desa Barokah dengan adanya diduga ODGJ yang disangkakan melakukan tindakan yang meresahkan warga.

Dimana Asessmen itu dilaksanakan oleh Penyuluh Sosial dan TKRSPD Bidang Rehabilitasi Sosial.

Adapun hasilnya yaitu yang bersangkutan memiliki permasalahan hidup sosial semenjak ditinggal oleh almarhum ibunya. Saat ini ODGJ itu tinggal di rumah kontrakan yang tanpa membayar semenjak almarhum ibunya tiada.

Pemilik kontrakan mau merehabilitasi kontrakannya sehingga yang bersangkutan tidak punya tempat tinggal.

Yang bersangkutan memiliki keluarga yang tinggal perum datar laga yaitu saudara kandung (namun keterangan ketua rt desa barokah sudah tidak mau menerima).

” Dia (Penderita ODGJ) sering berteriak-teriak, berjalan-jala dari kompi sampai Gunung Tinggi dan kadang tidak pakai baju, bertelanjang saat mandi di sumur depan rumah, mendengar ada bisikan,” katanya

Dari keterangan RT, solusi sementara ketua RT mau mempekerjakannya sebagai buruh bangunan karena masih menganggapnya bisa bekerja sambil menunggu untuk menjalani pemeriksaan kejiwaan di RSUD.

” Saat ini, ibu kandung korban yang merawat sudah meninggal sehingga kurang terawasi. Dinas Sosial juga sudah bekerjasama dengan Satpol PP untuk mengamankannya ke rumah singgah untuk kemudian akan dilakukan penanganan selanjutnya,” ujar Liana

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button